Jumat, 02 September 2016

Beberapa Ide Tentang Cara Belajar Membaca


Mengajari membaca sering kali menjadi hal yang cukup merepotkan. Bila anak bisa langsung diajak belajar, tentunya itu tidak akan terlalu merepotkan dan pekerjaan anda pun menjadi lebih mudah. Sayangnya, belajar membaca seringkali menjadi hal yang tidak disukai oleh anak. Anda terkadang harus benar-benar memutar otak agar anak anda bisa segera mahir membaca. Dalam hal ini, sebenarnya anda tidak boleh terlalu memaksakan anak anda agar bisa segera membaca, apalagi bisa membaca dengan lancar. Ada tahapan di mana anak anda memang harus belajar mengeja sebelum bisa membaca dengan sangat lancar. Anda tentunya harus sabar setiap kali menemani anak anda belajar. 

Dalam hal ini, ada cara belajar membaca yang bisa membantu anda, agar anak anda bisa belajar membaca dengan lebih baik. Cara untuk belajar membaca yang pertama adalah dengan menggunakan karpet huruf. Sudah cukup banyak yang menjual karpet dengan berbagai huruf dan angka. Huruf dan angka hadir dengan berbagai warna, bahkan gambar animasi, yang sangatlah menarik. Anda bisa memanfaatkan karpet warna ini sebagai media untuk membantu anak anda menghafalkan huruf. Anda bisa bermain tebak-tebakan dengan anak anda. 

Setelah lancar dengan semua huruf dan angka, anda bisa mulai meracik kata-kata dengan suku kata yang pendek-pendek. Tentunya, anda harus sabar dalam mendampingi dan harus selalu setia menemani anak anda. Selain menggunakan karpet huruf, cara belajar membaca lainnya adalah dengan media elektronik. Saat ini, smartphone dan tablet tentunya sudah menjadi hal yang tidak asing bagi anak. Anda bisa memanfaatkan gadget tersebut. Daripada hanya digunakan untuk bermain game, lebih baik anda memasang aplikasi untuk belajar ataupun game yang memang menjadi sarana untuk belajar membaca. 

Ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan. Tentunya, semuanya tetap harus dalam pendampingan anda dan tidak boleh anda biarkan begitu saja. Dengan anda dampingi, anak bisa tetap fokus dan anak pun bisa merasa lebih nyaman. Terkait dengan gadget ini, anda tentunya harus membatasi penggunaannya, agar semuanya tetap dalam taraf normal dan anak anda tidak terlalu ketagihan menggunakan gadget dan tetap memiliki waktu untuk bermain dengan teman.