Senin, 05 Desember 2016

Nasi Timbel Bakar


Nasi bakar memang tidak begitu familiar bagi semua orang, namun nasi bakar bisa Anda temukan di beberapa restoran tertentu untuk bisa menikmatinya, sebetulnya nasi bakar ada yang dibakar dengan dimasukan kedalam bambu, ada juga nasi bakar berupa nasi timbel yang dibungkus daun dan dipanggang di atas bara api, biasanya nasi bakar dilengkapi dengan berbagai macam rempah-rempah ataupun bahan masakan lainnya, seperti ayam, ikan asin dan seafood. Untuk lebih lanjutnya kita akan memasak menu masakan Indonesia nasi timbel bakar.
  • Bahan-bahan :
  1. 1 piring nasi hangat
  2. 100 gr daging ayam suwir
  3. 3 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 5 buah cabe rawit
  6. 1 sdt merica
  7. 2 batng serai
  8. 1 sdt pala bubuk
  9. 1 genggam daun kemangi
  10. 2 sdm margarin untuk menumis
  11. 1 sachet Royco rasa ayam
  12. Daun pisang secukupnya
  13. Bara api untuk membakar
  • Cara membuatnya:
Iris bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kemudian panaskan margarin, dan tumis bumbu sampai harum. Tambahkan pala bubuk, merica, Royco rasa ayam dan serai. Aduk sampai semua tercampur. Masukan ayam suwir aduk rata. Sisihkan.Siapkan daun pisang, tuangkan nasi di atasnya, kemudian masukan bumbu yang sudah ditumis tadi kedalam nasi, tambahkan daun kemangi, kemudian gulung dengan rapih membentuk nasi timbel. Siapkan bara api, kemudian panggang di atasnya sampai dibolak-balik, jika sudah terlihat sedikit gosong pada bagian daun, kemudian angkat dan sajikan selagi hangat.

Nasi timbel menu masakan Indonesia sangat enak dimakan bersama lauk, seperti tempe goreng, lalapan, ikan asin dan kerupuk. Makanan ini sangat lezat karena terdapat berbagai macam rempah-rempah didalamnya, sehingga aromanya yang wangi, nasinya yang pulen dan rempah-rempahnya terasa sekali. Jika anda ingin membuat nasi timbel bakar, alangkah baiknya menggunakan nasi yang dikukus atau nasi “akeul” (dalam bahasa Sunda), sehingga kualitasnya lebih bagus dan lebih wangi jika dimasak menggunakan dandang dan dikukus. Untuk tambahannya bisa sesuai selera, seperti ayam, ikan, jeroan dan lain-lain.