Kamis, 06 Desember 2018

Cara Membuat Bolu Pisang Yang Lembut Dan Enak

Resep bolu pisang
Pisang merupakan salah satu hasil pertanian yang paling banyak di negara kita. Maka tidak heran jika banyak makanan olahan dari pisang yang bermacam-macam, diantaranya ada bolu pisang yang termasuk salah satu jajanan paling populer saat ini. Kue yang satu ini bisa menjadi kreasi olahan yang pas disantap saat santai. Resep bolu pisang ini sangat mudah dan sederhana, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Lalu bagaimana cara membuat bolu pisang yang enak namun praktis?

Pertama kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuat bolu pisang kukus yang sederhana enak, lembut namun tanpa mixer, diantaranya:
  • Buah pisang berukuran besar sebanyak 3 buah
  • Tepung terigu serba guna sebanyak 150 gram
  • Minyak goreng sebanyak 150 gram
  • Telur sebanyak 2 butir
  • Gula pasir sebanyak 6 sendok makan
  • Soda kue sebanyak ½ sendok teh
  • Baking powder sebanyak ½ sendok teh
  • Vanili bubuk sebanyak 1 sendok
  • Garam ¼ sendok teh
Resep bolu pisang
Gula halus secukupnya

Setelah semua bahan-bahan disiapkan selanjutnya kita mulai cara membuatnya. Pertama lumatkan pisang dengan garpu, tidak perlu sampai benar-benar halus agar ketika digigit ada tekstur pisangnya, pisahkan. Siapkan wadah terpisah, kocok telur dan gula hingga mengembang, bisa menggunakan garpu, bisa juga menggunakan alat pengocok telur. Setelah mengembang, masukan pisang yang telah dilumatkan, lalu tambahkan minyak goreng aduk hingga merata. Ayak tepung terigu, baking soda, baking powder, vanili bubuk dan garam. Kemudian masukan sedikit demi sedikit ke dalam adonan pisang dan telur. Aduk dengan spatula seperti mengaduk adonan semen agar hasil kue tidak bantat.

Selanjutnya siapkan loyang yang sidah diolesi minyak goreng. Lalu tuang adonan ke dalam loyang kemudian ketuk-katuk agar permukaannnya merata. Panaskan kukusan terlebih dahulu, kemudian masukan adonan bolu pisang dan masak selama 30 menit hingga matak. Tes kematangan kue dengan menggunakan lidi, jika memang sudah benar-benar matang makan angkat dan tunggu hingga dingin lalu sajikan.

Itulah cara membuat bolu pisang yang enak dan lembut. Temukan lagi resep bolu pisang lainnya di Nestle untuk menambah kreasi makanan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar