Senin, 30 Oktober 2023

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 0-6 Bulan



Dalam 6 bulan sejak kelahirannya, bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang begitu pesat. Sebagai orang tua, Anda pasti sangat penasaran dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi bukan? Artikel ini memberikan informasi mengenai tumbuh kembang bayi mulai dari usia 0 sampai dengan 6 bulan.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 0-6 Bulan

Langsung saja, berikut ini tahap tumbuh kembang bayi usia 0 sampai 6 bulan:

1. Usia 0-1 Bulan

Belum banyak hal yang bisa dilakukan oleh bayi berusia 0-6 bulan. Namun biasanya, bayi sudah bisa menatap wajah seseorang. Bahkan ia bisa merespon suara, melihat pola hitam putih, dan memutar kepala ke arah cahaya. Bayi juga akan mengangkat kepala saat tengkurap atau tummy time.

2. Usia 2 Bulan

Memasuki usia 2 bulan, bayi akan mulai membuat suara-suara random. Selain itu, bayi akan mengikuti objek bergerak dan mengangkat kepala dengan semakin mudah. Saat Anda meletakkan jari di tangannya, Si Kecil juga bisa menggenggamnya.

3. Usia 3 Bulan

Bayi 3 bulan mampu mengangkat kepala dengan stabil saat tummy time. Ia juga bisa mengenali wajah orang terdekat atau orang tuanya. Ada beberapa ekspresi yang dikeluarkan, salah satunya yaitu senyuman.

4. Usia 4 Bulan

Di usia 4 bulan, bayi sudah mulai mampu melakukan banyak hal. Contohnya ia akan memegang dan menggoyangkan mainan di dekatnya. Selain itu, ia akan mulai memasukkan apapun ke mulutnya, termasuk mainan. Saat tummy time, bayi bisa mengangkat kepala sambil melihat ke depan.

5. Usia 5 Bulan

Bayi 5 bulan bisa berguling dari posisi tengkurap ke telentang. Anda harus lebih waspada karena berbahaya jika Anda membiarkan Si Kecil sendirian. Selain itu, bayi 5 bulan mulai bermain tangan atau kaki untuk menghibur diri.

6. Usia 6 Bulan

Pada usia 6 bulan Si Kecil mulai mendapatkan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Selain itu, beberapa kemampuannya seperti berguling dari terlentang ke tengkurap, memegang botol susu sendiri, hingga memukul dan melempar mainan ke lantai.

Nah, sudah tahu tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi 0-6 bulan. Agar Si Kecil nyaman dalam tumbuh dan berkembang, Anda harus memilih popok terbaik. MAKUKU SAP Diapers hadir dengan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) yang anti ruam dan anti bocor. Jadi, Si Kecil akan merasa nyaman sepanjang hari jika memakai MAKUKU SAP Diapers. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar