Rabu, 10 Januari 2024

Penyebab Iritasi Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Iritasi Mata

Mata merah akibat iritasi bisa membuat hari-hari Anda menjadi terasa tidak nyaman. Untungnya, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk meredakan iritasi mata dan mengembalikan kejernihan penglihatan. Berikut adalah penyebab iritasi mata dan cara mengatasinya.

Kenali Penyebab Iritasi Mata

Sebelum kami jelaskan cara mengatasinya secara sederhana, berikut kami jelaskan terlebih dahulu apa saja penyebab-penyebabnya yang sudah kami rangkum berikut:

  • Paparan debu yang masuk ke mata.

  • Polusi udara.

  • Alergi dan reaksi hipersensitif.

  • Penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat.

  • Mata kering.

  • Infeksi mata.

Cara Mengatasinya

Khusus untuk iritasi yang tergolong ringan, Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara yang tergolong mudah dan cepat. Berikut ini kami sudah merangkum bagaimana cara mengatasinya.

1.  Kompres Menggunakan Air Dingin atau Hangat

Kompres air dingin dan hangat dapat memberikan bantuan instan untuk mata yang merah dan gatal. Gunakan kompres dengan kantung es atau kain yang telah direndam dalam air dingin untuk mengurangi pembengkakan. Atau bisa juga menggunakan air hangat.

2.  Aplikasikan Obat Tetes Mata

Anda bisa menggunakan Insto sebagai obat tetes mata terbaik untuk mengatasi iritasi mata ringan secara cepat dan mudah.

3.  Pijat Lembut di Area Kelopak Mata

Memberikan pijatan lembut pada area kelopak mata dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kelelahan mata. Gunakan ujung jari yang bersih dan tekan lembut pada area sekitar mata dengan gerakan melingkar. Ini tidak hanya memberikan efek relaksasi, tetapi juga dapat membantu meredakan iritasi.

4.  Jangan Mengucek Mata

Meskipun terasa gatal, menggosok atau mengucek mata hanya akan memperburuk iritasi. Gosokan tangan kita mungkin membawa kuman dan debu yang dapat menyebabkan infeksi. Sebagai gantinya, gunakan tisu bersih atau telapak tangan yang bersih untuk menepuk-nepuk mata dengan lembut jika perlu.

5.  Minum Air Secukupnya

Kelembaban mata tidak hanya tergantung pada tetes mata buatan, tetapi juga dari tubuh kita sendiri. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, termasuk mata. Air yang cukup dapat membantu mengurangi mata kering dan merah.

Demikian informasi seputar apa saja penyebab iritasi mata dan juga cara mengatasinya. Gunakan Insto untuk mengatasi iritasi mata ringan Anda.

 


 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar