AD (728x90)

Selasa, 23 Agustus 2016

Makanan Sehat Pendamping ASI

Share it Please

Air susu ibu atau biasa disebut asi sebaiknya diberikan kepada anak hingga anak berusia 2 tahun. Sejak bayi lahir hingga usia enam bulan, bayi sepenuhnya hanya diberikan air susu ibu saja, sebab sistem pencernaan bayi pada masa itu belum siap untuk mencerna makanan lain selain asi. Baru pada usia bayi enam bulan ke atas bayi mulai membutuhkan makanan sehat pendamping asi. Makanan yang diberikan pun bukanlah makanan – makanan berat yang membutuhkan proses pencernaan yang lama, bayi haruslah diberikan terlebih dahulu makanan – makanan halus seperti bubur. Pemilihan bubur bayi instan biasanya banyak dipilih oleh para ibu – ibu untuk dijadikan makanan sehat pendamping asi. 

Dipilihnya bubur bayi instan itu memang dengan alasan bahwa penyajiannya yang praktis dan cepat, namun tahukah bunda jika membuat bubur bayi sendiri itu jauh lebih sehat bagi anak, sleain murni tanpa bahan pengawet, biasanya rasa bubur yang dibuat secara alami dan tanpa zat kimia itu lebih aman dan rasanya lebih lezat. Berikut resep bubur bayi yang terbuat dari sayuran dan ayam atau biasa disebut bubur tim sebagai makanan sehat pendamping asi, yaitu : pertama, bahan – bahan yang harus disiapkan adalah beras, wortel, bayam, daging ayam, garam. 

Adapun cara membuatnya adalah bersihkan beras terlebih dahulu, kemudian, potong potong wortel dan bayam serta daging ayam menjadi potongan – potongan kecil. Kemudian rebus wortel bayam dan daging ayam hingga empuk. Setelah itu barulah untuk membuat buburnya, masukkan nasi dengan air yang sedikit banyak, aduk aduk hingga nasi itu hancur dan menjadi bubur, setelah nasi mencapai kematangan setengahnya baru anda masukkan rebusan wortel, bayam dan daging ayam tadi. 

Aduk aduk kembali sehingga semuanya merata, untuk menambahkan rasa, berilah garam secukupnya. Aduk kembali hingga bubur menjadi matang. Setelah itu barulah bubur tersebut dapat diberikan kepada bayi. Selain sehat, membuat bubur bayi sendiri juga ternyata lebih menunjang tumbuh kembang anak, anak menjadi berisi namun tidak gemuk karena zat – zat kimia, semua yang dikonsumsi anak akan alami dan tidak akan memberikan efek samping dan lain sebagainya.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

© 2016 Blog_Kein. All rights resevered. Designed by Templateism