Rabu, 24 Agustus 2016

Tips Mendidik Anak untuk Membantu Tahapan Perkembangannya


Anak-anak usia 1 hingga 5 tahun merupakan masa di mana banyak pertanyaan yang ada dibenak dan pikirannya, keingintahuannya yang sangat besar terkadang membuat para orangtua kewalahan dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh anaknya. Karena biasanya pada usia balita, anak-anak sering menanyakan sesuatu hal yang terkadang tidak masuk akal, misalnya Ibu kenapa tumbuhan itu berwarna hijau dan pertanyaan-pertanyaan lain yang membuat kita sebagai orangtua sering mengalami kesulitan untuk menjawabnya. 

Tahukah anda bahwa keingintahuan dan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh anak-anak merupakan salah satu tahap perkembangan anak sesuai dengan usianya, sehingga alangkah lebih baik jika kita membantu mengoptimalkan tahapan perkembangan tersebut melalui pola asuh dan mendidik anak dengan cara yang mudah dipahami oleh usianya. Peranan orangtua sangatlah penting untuk membantu perkembangan anak, untuk itu kami paparkan tips mendidik anak untuk membantu tahapan perkembangannya sebagai salah satu dari tugas dan tanggung jawab para orangtua. Tips pertama, jangan pernah melarang anak bermain dengan mainan yang Ia miliki, anda dapat menyiasati dengan cara membelikannya jenis mainan yang dapat membantu perkembangan anak seperti membiarkannya bermain bola karena hal tersebut dapat melatih perkembangan motori kasar dan motorik halusnya. 

Kenalkan sedari kecil mengenai perlengkapan menulis seperti pensil, buku tulis buku bergambar serta buku yang berisi mengenai cerita-cerita yang mendidik untuk anak anda. Tujuannya adalah untuk menanamkan sedari Ia kecil nila dan arti pentingnya aktifitas belajar untuk membantu kehidupannya di masa yang akan datang. hindari mengurung anak di dalam rumah, anda dapat membiarkannya bermain di luar rumah dan di taman sekitar perumahan tempat tinggal anda agar perkembangan sosial dapat tumbuh dengan baik pada anak, sehingga Ia akan mudah bergaul, percaya diri dan terhindar dari sifat egois. 

Usahakan untuk tidak memarahi dan menyuruh anak melakukan sesuatu dengan kalimat perintah, sebagai solusinya, anda dapat memberitahukan padanya mengenai sesuatu yang tidak boleh dilakukan dan memberikannya penjelasan yang mudah dimengerti oleh anak. Untuk membantu menerapkan tips tersebut, anda dapat memberikan susu pertumbuhan Dancow tahapan usia balita yang dapat membantu anak menyerap lebih baik dan cepat didikan yang anda berikan sesuai dengan tahap perkembangan anak.