Rabu, 17 Agustus 2016

Tips Mengajari Anak Membaca Pada Usia 3 Tahun


Membaca merupakan kegiatan yang perlu dilatih sebelum anak mulai sekolah, karena dalam berbagai sendi kehidupan pastilah kita dituntut untuk dapat membaca sesuatu hal. Maka dari itu ada baiknya untuk mengajari anak membaca sejak usianya masih di bawah 4 tahun, bahkan anda dapat mengajari anak membaca sejak Ia masih di dalam kandungan melalui kegiatan membaca dengan keras yang anda lakukan saat mengandung. Belajar membaca pada anak usia 3 tahun sebaiknya memang dilakukan, karena masa di bawah 3 tahun merupakan masa perkembangan otak paling utama sekitar 50%. perkembangan otaknya dimulai pada 2 tahun pertama karena itulah dua tahun pertama sering disebut sebagai golden age atau masa keemasan pembentukan otak, sehingga jika dirangsang dengan tepat maka akan sangat baik untuk anak termasuk salah satunya pengenalan membaca. 

Tidak mudah memang mengajari anak membaca dengan benar saat usianya masih senang-senangnya bermain, untuk itu sebagai Ibu yang lebih dekat dengan anak tentu anda memerlukan cara yang kreatif agar anak bisa belajar membaca bersama anda. tidak perlu ada waktu khusus, karena setiap waktu saat anda menemani anak baik saat bermain, nonton tv, menemani sebelum tidur dan aktivitas lainnya sebenarnya anak sudah belajar mengenai bahasa sebagai bekalnya dalam membaca. Tips mengajari anak membaca sesuai dengan kegiatan yang dilakukannya dapat anda coba pada anak, dan berikut tipsnya. 

Saat anak bermain sebaiknya anda mengarahkan pada jenis mainan yang memiliki huruf seperti balok huruf yang dapat disusun oleh anak hingga membentuk sebuah kata, dan anda dapat memintanya untuk menyebutkan hurufnya hingga Ia dengan mudah akan membacanya. Selain melalui balok susun yang biasanya disukai oleh anak usia 3 tahun, anda juga dapat memakai karpet huruf sebagai media belajar anak membaca. Pada saat anak nonton TV, anda dapat membiasakan memberikan tayangan pendidikan seperti mengenal huruf, membaca kata dan kalimat untuk anak usia batita karena biasanya anak-anak akan mengikuti apa yang dilihat melalui rangsangan otaknya. 

Menjelang si kecil tidur, bacakan buku cerita bergambar padanya agar terlihat lebih menarik, sehingga Ia menjadi penasaran untuk mengetahui gambar apa yang dilihat dan cerita apa yang dibacakan oleh bunda. Pada saat itulah si kecil akan tertarik untuk belajar membaca agar Ia dapat membaca sendiri cerita yang selalu anda dongengkan saat Ia akan tidur.