Rabu, 23 November 2016

Aspek-Aspek Perkembangan Anak


Tahap perkembangan anak harus benar-benar di perhatikan setiap orang tua di manapun, agar kecenderungan anak dalam berkembang dapat di atasi oleh para orang tua. Karena pada dasarnya, kehadiran orang tua terutama ibu sangat lah penting untuk perkembangan jiwa seorang anak. Sehingga dalam proses tumbuhnya anak akan berhasil. Dan apabila anak kehilangan peran dan fungsi dari ibunya, akan mengalami proses pertumbuhan hilangnya pembinaan, kasih sayang, perhatian dan lain-lain.

Dan Berikut ini ada aspek-aspek yang perlu anda ketahui dalam tahap perkembangan anak :
  • Perkembangan fisik
Perkembangan fisik adalah berkaitan dengan perkembangan motorik, yaitu dari perkembangan pengendalian gerakan tubuh dari kegiatan yang terkendali antara susunan saraf, otot, otak, dan spinal.
  • Perkembangan Emosi
Perkembangan emosi ini haru di pupuk sedini mungkin, Misalnya orang tuah harus memberikan kehangatan kepada anak, sehingga akan akan merasa nyaman, anak juga akan belajar dari model lingkungannya yang dibesarkannya. Apa yang ia rasakan ia akan berikan kembali kepada lingkungannya.
  • Perkembangan Psikososial
Hal ini berkaitan antara interaksi anak dengan lingkungannya. Misalkan di usia yang baru 1 tahun anak sudah dapat bermain dengan teman-temannya. Apabila anak sudah memiliki kemampuan seperti itu, maka peran orang tua harus dapat memberikan dukungan, agar perkembangan anak akan lebih baik, baik secara emosional maupun untuk lingkungannya. Hambatan dari perkembangan psikosional akan mengakibatkan anak mengalami kecemasan, sulit berinteraksi dengan orang yang baru dikenal, juga akan jadi pemalu. Dan apabila anda sebagai orang tua yang over protektif terhadap anak, anak akan menjadi sulit berpisah dengan orang tua, sulit mengerjakan segala sesuatunya sendiri karena tidak pernah diberikan kesempatan kepadanya.
  • Perkembangan kognitif
Perkembangan ini adalah perkembangan atau proses berfikir anak dalam proses menerima, mengolah sampai memahami info yang di terimanya oleh orang lain. Aspek dari hal ini di antaranya adalah intelegensi, kemampuan dalam memecahkan masalah serta kemampuan yang logis.


Itulah beberapa aspek dalam tahap perkembangan anak yang haru anda ketahui, agar tindakan anda kepada anak tidak terlalu over, dan haru faham dari perkembangan anak anda.