Selasa, 22 November 2016

Beberapa Cara Ampuh Dalam Mengatasi Anak Susah Makan


Anak susah makan merupakan salah satu masalah yang sering kali terjadi dan banyak dikeluhkan oleh para orang tua, terutama ibu. Terlebih pada usia balita atau masa kanak-kanak, mereka lebih tertarik dengan jenis makanan yang justru membahayakan kesehatannya. Seperti jajanan di pinggir jalan, kemudian makanan yang menggunakan pewarna, atau pemanis buatan, dan semacamnya.
Terdapat banyak faktor yang memicu terjadinya susah makan pada anak, yang secara umum dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok. Yakni karena faktor fisik, dan psikologis, namun bukan berarti pula bahwa lingkungan tidak cukup berpengaruh dalam hal ini. Secara fisik, kemungkinan kondisi tubuh anak sedang menurun, misalnya karena demam yang mempengaruhi fungsi pengecapan. Sehingga anak mengalami penurunan nafsu makan, atau ada salah satu sistem organ dalam tubuhnya yang tengah terserang virus, atau sejenisnya. Adapun ditinjau secara psikologis, anak mengalami rasa tertekan karena pola asuh orang tua, kemudian dipaksa untuk mengkonsumsi makanan yang bahkan tidak disukai, dan lain sebagainya. Jangan biarkan hal terus terjadi, atasi segera dengan beberapa cara mengatasi anak susah makan yang telah kami rangkum di bawah ini.
  1. Rasa ingin mengkonsumsi atau mencerna makanan bukan hanya timbul karena perut yang terasa lapar saja, namun dapat terjadi karena kondisi makanan yang memang menggiurkan. Untuk itu, dalam mengatasi anak susah makan cobalah anda sajikan menu makan bagi si kecil dengan cukup menarik, misalnya dengan menyajikannya dalam bentuk karakter kartun yang mereka sukai.
  2. Agar anak dapat makan dengan baik, cobalah ajak dan bujuk dengan cara yang baik pula. Karena rasa lapar kemudian akan hilang, apabila anda menyuruh si kecil untuk makan dengan cara yang keras, dan membuat anak merasa tertekan dan takut. Yang ada kemungkinan besar mereka akan menangis.
  3. Untuk meningkatkan gairah makan, cobalah untuk mengajak makan si kecil bersama. Dengan menjalin hubungan dan komunikasi yang baik.


Itulah beberapa cara dalam mengatasi anak susah makan yang dapat anda aplikasikan.