Selasa, 06 Desember 2016

Cara Membuat Perkedel Khas Indonesia


Banyak sekali makanan yang beredar di pasaran, dari mulai yang instan ataupun tidak, akan tetapi anda harus pilih-pilih makan bila ingin hidup sehat. Karena Indonesia ini punya banyak keragaman, termasuk dalam hal aneka resep masakan Nusantara, Salah satunya adalah perkedel. Perkedel adalah olahan kentang yang digoreng atau direbus sebelum dilumatkan lalu dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang dan daun seledri kemudian dicampur bumbu-bumbu. Perkedel ini selain mempunyai rasa yang enak, juga mudah dibuat di rumah untuk disajikan sebagai sarapan sehari hari keluarga anda, maka tak heran karena rasanya yang lezat dan bergizi pula, perkedel ini bisa disajikan bersama semangkuk sup hangat atau juga bersama nasi. Berikut adalah resep membuat perkedel yang bisa anda buat di rumah sendiri.
  • Bahan – bahan yang perlu disiapkan
Bahan pertama adalah 1 kg kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih, lalu ½ daging cincang, 2 butir kuning telur, 2 butir putih telur, 2 sendok makan bawang merah goreng, 1 batang daun seledri yang sudah dirajang halus, 1 sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh garam, dan terakhir adalah minyak goreng secukupnya.
  • Cara membuat perkedel
Kukus kentang hingga lunak, jika takut jadi lembek dan tidak bisa dibentuk, boleh anda ganti cara memasaknya dengan digoreng. Setelah itu lumatkan kentang yang sudah dikukus hingga benar benar halus, dinginkan sebentar. Lalu campurkan daging cincang, bawang goreng, seledri, merica, garam, dan kuning telur ke dalam adonan kentang, aduk hingga rata. Setelah diaduk sampai rata, bentuk adonan menjadi bulat bulat, atau sesuai selera. Panaskan minyak goreng. Celupkan adonan bulat–bulat tadi ke dalam putih telur, baru kemudian masukan ke dalam minyak goreng yang telah dipanaskan tadi. Goreng sampai berwarna kecoklatan, jika tidak suka terlalu matang goreng hingga warna keemasan saja. Angkat dan tiriskan.

Itulah salah satu aneka resep Masakan Nusantara yang nikmat untuk disajikan bersama keluarga anda di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!