Selasa, 17 Januari 2017

Green Campus Pencetak Pemimpin Masa Depan


Green Campus Pencetak Pemimpin Masa Depan
Perguruan tinggi merupakan kawah candra dimuka kaum muda yang telah lulus jenjang SLTA dan melanjutkan ke jenjang universitas, demi pengetahuan dan pencetak para pepimpin masa depan. Di perguruan tinggi para harapan bangsa ini di gembleng dengan aneka pengetahuan sesuai dengan jurusan keilmuan yang diambilnya. Para lulusan SLTA membidik universitas terbaik sebagai ajang prestasi dan prestise, salah satunya yang di incar adalah universitas terbaik Jakarta dan tentunya terbaik di Indonesia.

Universitas terbaik Jakarta memberikan peluang bagi pemuda tidak hanya di bidang akademik namun juga di komunitas kampus melalui unit kegiatan mahasiswa, universitas ini adalah Universitas Indonesia yang telah memiliki sejarah panjang sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia. Mulai dirintis sejak 1849 sebagai sekolah dokter Jawa kemudian menjadi Universitas Indonesia di tahun 1954, kampus tua ini berada di dua kampus berjauhan yakni kampus Salemba dan kampus Depok. 

Adapun kampus di Depok di bangun sejak tahun 1980 an dengan area seluas 320 hektar mengadopsi atmosfer green campus, hal ini dilakukan karena hanya 25% lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan ke mahasiswaan, sedangkan 75% sisa wilayahnya sebagai area hijau berwujud hutan kota di mana di dalamnya terdapat 6 buah danau alam. Kampus yang memiliki sebuah perpustakaan luas terdiri dari delapan lantai, memiliki slogan "Crystal of Knowledge". 

Dengan rancangan berkonsep "sustainable building" kebutuhan energi menggunakan sumber energi matahari (solar energy) tidak di perbolehkan menggunakan plastik, bebas asap rokok, hijau serta hemat listrik, air, dan kertas. mampu menampung sekitar 10.000 pengunjung, menampung 3-5 juta judul buku. Konsep green kampus ini menjadi salah satu keunggulan Universitas Indonesia daripada perguruan tinggi lainnya.

Untuk transportasi yang merujuk pada green campus, UI menyediakan penyewaan sepeda yang dapat dipinjam hanya dengan menunjukan KTM (kartu Tanda Mahasiswa), sehingga para penghuni kampus dapat dengan bebas bersepeda ria dari satu fakultas ke fakultas lainnya, selain itu di lengkapi dengan bis khusus dan stasiun kereta yang terintegrasi dalam kampus.

Universitas terbaik Jakarta ini dapat di akses melalui laman www.ui.ac.id untuk informasi lebih lengkap, selamat datang di green campus, kampus pencetak pemimpin masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar