Kamis, 22 November 2018

3 Hal yang Harus Kalian Tahu Sebelum Kuliah Broadcasting

Kuliah Broadcasting
Kuliah Broadcasting
Kuliah broadcasting merupakan Salah satu cabang dari ilmu komunikasi. Sebenarnya sebuah penyiaran termasuk dalam kegiatan jurnalistik, oleh sebab itu makanya di berbagai perguruan tinggi, penyiaran termasuk kedalam kegiatan program studi jurnalistik. tetapi ada juga yang mengkhususkan penyiaran kedalam satu program studi. Jika bicara mengenai broadcasting pasti yang terbayang adalah stasiun televisi atau radio.

Program studi penyiaran atau broadcasting memang mempelajari tentang bagaimana proses menciptakan dan mengemas berbagai ide menjadi program baru di produksi dan disiarkan pada masyarakat lewat media massa. Maka di program studi penyiaran ini kalian tidak hanya belajar tentang bagaimana tampil di depan layar kaca, akan tapi juga bagaimana proses dibalik layar kaca tersebut. 

Program studi ini menciptakan sebuah pengetahuan, kemampuan dan keterampilan buat mengkomunikasikan suatu karya cipta dan informasi kepada masyarakat luas yang diciptakan dalam bentuk siaran.

Tugasnya Banyak
Tugas seorang broadcast itu tidak main-main, mata kuliah yang praktek-prakteknya biasanya didapat di semester atas, dan umumnya berbarengan. Namanya mata kuliah praktek, tugasnya pasti banyak praktek juga. Gak selalu shooting, tapi terkadang juga bikin script, terus juga perencanaan atau sekedar riset kecil yang mana juga menyita banyak waktu dalam prosesnya.

Gak Selalu Dapat Fasilitas
Jika opini masyarakat itu kuliah Broadcasting mahal, memang terkadang ada benernya. Soalnya kuliah ini butuh modal lebih buat mengerjakan setiap tugas terus juga butuh alat-alat yang banyak. Lebih enak jika kalian memiliki peralatan sendiri, seperti kamera, tripod, mic, komputer editing, dan lain lainnya yang berhubungan dengan teknologi komunikasi.

Siap Kerja Kelompok
Karena tugas mata kuliah ini seringnya berat dan butuh tenaga banyak buat ngerjainnya, umumnya tugas tersebut dikasih secara kelompok dan mengandalkan teamwork banget. Buat kalian yang individualis dan senang mengerjakan sendiri, maka kalian harus antisipasi buat kerja secara kelompok dan kompak.

Itulah tiga hal yang harus kalian pahami dalam proses kuliah broadcasting. Jika kalian sudah mengetahui apa saja hal yang perlu diketahui maka kalian akan dengan mudah bisa memahami apa saja yg baik untuk dilakukan kedepannya.

1 komentar: