Kamis, 29 November 2018

Mencoba Untuk Membuat Kue Putu Tegal

Mencoba Untuk Membuat Kue Putu Tegal
Kota Tegal tidak hanya terkenal akan warung nasinya saja, namun juga terkenal akan kulinernya yang enak dan beragam. Kue putu Tegal adalah salah satu olahan makanan tradisional yang memiliki citaras tinggi dan cocok untuk dinikmati.

Anda mungkin sudah tidak asing dengan nama kota Tegal, sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah dan terkenal dengan warung nasinya yang berada dimana-mana. Namun tak hanya warung nasi saja yang menjadi ciri khas dari kota kuliner ini, ternyata ada banyak jenis kudapan menarik yang menjadi jajanan populer disana. 

Salah satu jajanan yang merupakan makanan tradisional serta memiliki banyak kandungan gizinya adalah kue putu Tegal. Kue putu ini berbeda dengan kue putu lainnya, yaitu terbuat dari tepung ketan dan tepung kanji dan diatasnya ditutup serta dihiasi dengan potongan pisang. Makanan tradisional khas Tegal ini sering dijajakan di sekitar kota Tegal terutama toko kue basah, penggemarnya pun sangatlah banyak karena rasanya yang enak serta kandungan nutrisinya yang menyehatkan.

Tidak ada salahnya jika anda mencoba kue putu Tegal ini di rumah bersama keluarga, dan menghiasai keceriaan ketika berkumpul. Jika dikota anda tidak ada yang menjual makanan tradisional Tegal ini, maka anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah resep makanan kue putu tegal yang bisa anda coba yaitu :

Bahan yang dibutuhkan:
Tepung ketan 200 gr
Tepung kanji 50 gr
Vanili setengah sdt
Air mendidih 150 ml
Kelapa parut seperempat butir
Air kapur 1 sdt
Daun pandan yang telah dipotong-potong 3 helai
Gula pasir dari gulaku 4 sdm
Pisang raja matang 2 buah

Cara membuatnya yaitu :

Tepung kanji, tepung ketan, vanili, garam, dan kapur sirih dicampurkan dalam satu wadah
Aduk campuran tersebut sambil dtambahkan air mendidik sedikit demi sedikit
Siapkan Loyang dan alasi dengan daun pisang yang telah diolesi dengan minyak
Bentuk adonan dan letakan di atas daun pisang tersebut dan beri potongan buah pisang
Kukus parutan kelapa kurang lebih selama 1 jam
Setelah adonan dingin, beri parutan kelapa.

Kue putu tegal siap untuk disajikan.
Nah itulah resep makanan tradisional kue putu Tegal yang bisa anda coba dan hidangkan bersama keluarga. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar