Senin, 15 Juli 2019

Inilah 4 Ciri Pinjaman Online Ilegal

Image result for Pinjaman Online Ilegal

Saat membutuhkan dana darurat, pinjaman online cepat selalu menjadi solusi untuk permasalahan keuangan kamu. Kamu kini tidak perlu lagi mencari teman yang bisa dipinjami uang, juga pergi repot-repot ke Bank. Cukup buka aplikasi fintech pada smartphone, unggah foto KTP, masukan nominal pinjaman dana, dan dalam waktu singkat saja dana tersebut sudah masuk ke rekening kamu. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan dana darurat secara mudah dan praktis.

Pinjaman online cepat tentu saja tidak semuanya terdaftar di OJK. Pinjaman online tersebut tentu saja memiliki tingkat keamanan yang rendah juga transparansi pembayaran yang tidak jelas. Untuk itu, agar kamu tidak terjebak dalam pinjaman online illegal, simak ciri-cirinya berikut ini.

1. Pengelola yang tidak jelas

Salah satu ciri fintech illegal yaitu pengelola dan direksi perusahaan yang tidak jelas. Perusahaan ilegal seperti ini biasanya sengaja menyamarkan identitas mereka seperti nama kantor, alamat, no telepon, dan lain sebagainya. Sehingga jika sewaktu-waktu dilaporkan, maka pihak yang berwajib tidak akan menemukan identitas mereka.

Image result for Pinjaman Online Ilegal

2. Pinjaman dana yang mudah cair 

Pinjaman dana yang mudah cair jua bisa menjadi salah satu ciri pinjaman online illegal. Biasanya, mereka akan segera mencairkan dana tersebut ke rekening kamu dalam waktu singkat. Namun saat melakukan tagihan, mereka tidak akan segan-segan meneror kamu bahkan sampai menghubungi teman dan saudaramu sehingga hidup menjadi tidak tenang. 

3. Bunga yang tinggi dan tidak terbatas

Fintech illegal biasanya selalu membebankan bunga yang tinggi dan juga tidak terbatas. Hitungan bunga per harinya diakumulasikan secara tidak jelas dan tanpa batas, sehingga tagihan akan semakin membengkak. Sedangkan pinjaman online bonafide memberikan batas waktu pemberian bunga sehingga pembayaran pun akan lebih teratur dan transparan.

4. Mengambil data nasabah 

Data-data yang kamu masukan pada platform fintech illegal tersebut nantinya akan dibuat menjadi sebuah database yang akan diperjualbelikan. Tentu saja hal tersebut bisa menjadi keuntungan secara sepihak dan kamu akan merasa terganggu dengan adanya penyebaran data pribadi tersebut.

Itulah beberapa ciri fintech pinjaman online cepat illegal. Kamu sebaiknya lebih cermat lagi dalam memilih pinjaman online agar tidak dirugikan di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar