Senin, 09 Maret 2020

5 Hal Penting Ibu Hamil Menjaga Janin Usia 11-20

usia janin
Janin usia 11-20 adalah masa rawan. Ibu hamil harus dijaga kesehatannya agar janin tetap sehat. Apa saja yang harus diperhatikan bunda agar ibu hamil dan janin sehat? 

Menjaga Asupan Nutrisi 


Penting bagi ibu hamil dan usia janin 11-20 menjaga asupan nutrisinya agar ibu hamil dan janin tumbuh sehat dengan nutrisi yang tercukupi. Usahakan untuk tetap selalu memakan makanan empat sehat lima sempurna agar nutrisi terjaga. Terutama untuk ibu hamil memakan makanan yang bergizi seimbang dapat mendukung aktivitasnya sehingga tidak mudah lelah. 

Berolahraga Ringan 


Jika nutrisi sudah tercukupi maka lakukan olahraga ringan agar kesehatan semakin terjaga dengan menggerakkan badannya. Walau demikian,  harap memperhatikan janin usia 11-20,  karena pada usia tersebut sangat rawan untuk melakukan gerakan yang aktif. Berolahraga ringan dapat menguatkan tulang tanpa harus mengganggu pertumbuhan janin. Berolahraga ringan dapat membantu semangat ibu hamil. 
usia janin

Tidak Melakukan Pekerjaan Yang Berat 


Usia janin 11-20 merupakan masa keemasan namun rawan, Pada usia ini kandungan masih belum kuat. Disarankan bagi ibu hamil untuk tidak melakukan pekerjaan yang berat yang dapat menekan kandungan sehingga mengakibatkan janin keguguran. Aktivitas yang berat juga dapat membuat ibu hamil kelelahan. 

Tidak Meminum Air Degan 


Banyak yang salah dengan mitos ini yaitu dengan meminum air degan atau air kelapa muda dapat membuat bayi bersih. Mitos ini tidak sepenuhnya salah,  namun hendaknya tidak dilakukan pada usia kehamilan pada trimester pertama dan kedua. Wajib diketahui air degan dapat membuat kandungan menjadi licin sehingga dapat menimbulkan kontraksi. Maka jika pun ingin meminumnya maka hendaklah dilakukan pada trimester ketiga, tidak dilakukan pada usia janin 11-20. 

Tidak Memakan Makanan Yang Pedas 


Memakan makanan yang pedas pada usia ini juga sangat rawan dapat memicu kontraksi. Untuk itu, usahakan menghindari makanan yang pedas yang dapat memicu kandungan mengalami kontraksi. Hal tersebut sangat berbahaya mengingat usia tersebut pada janin masih sangat muda, jika timbul kontraksi maka dapat memicu keguguran. 

Beristirahat Yang Cukup 


Mengingat rawannya usia kandungan pada masa - masa ini, maka ibu hamil wajib untuk beristirahat yang cukup untuk menjaga stamina. Istirahat yang cukup juga dapat menekan tingkat stres ibu hamil yang membahayakan ibu dan janin. Ibu hamil sangat mudah lelah. Oleh sebab itu,  ibu hamil wajib untuk beristirahat yang cukup untuk mendapatkan tenaga saat melakukan aktivitasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar