Jumat, 14 Agustus 2020

Ciri Ciri Pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini

Ciri Ciri Pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini


Kebanyakan orang tua bertanya-tanya akan perkembang dan pertumbuhan anak. Tak jarang orang tua sering membanding-bandingkan dengan anak-anak lain. Biasanya melihat pertumbuhan anak orang lain yang tidak sama dengan anaknya sendiri pun panik. Padahal berbagai macam faktor yang harus dipahami oleh orang tua. Bagaimana orang tua memenuhi berbagai kebutuhan anak dan faktor internal, seperti keturunan. Orang tua harus memahami bagaimana ciri ciri pertumbuhan fisik Anak Usia Dini yang dapat diamati ketika bersama dengannya. Orang tua tidak perlu panik masalah tumbuh kembangnya anak. Orang tua bisa konsultasi kepada dokter jika hal itu diperlukan.




Fase Pertumbuhan Fisik


Pada pertumbuhannya, anak memiliki tingkat perbedaan. Pada masa bayi biasanya tumbuh relatif cepat dan terlihat. Hal ini dikarenakan organ dan sel-sel bayi masih muda dan gampang berkembang. Ketika bayi lebih mengutamakan pertumbuhan fungsi organ seperti mata, telinga dan organ tubuh lainnya.


Kemudian pada anak-anak, pertumbuhan tidak secepat seperti pada masa bayi. Pertumbuhan fisik yang terihat biasanya tinggi dan berat badan. Hal ini dipengaruhi oleh pola hidup  anak. Pola hidup baik dan sehat sangat diperlukan dalam hal ini. Pola hidup baik dan sehat akan mempengaruhi pada proses pertumbuhan selanjutnya. 


Kemudian pada fase selanjutnya terlihat bagaimana pola hidup yang dilakukan anak-anak. Anak akan terlihat gemuk, tinggi, kurus, berotot atau yang lain. Orang tua dapat menilai kelebihan dan kekurangan pola hidup yang dijalani. Ketika orang tua mengamati bahwa terdapat kesalahan pola hidip anak, segeralah diperbaiki dengan hati-hati. Biasanya anak tidak menginginkan kebiasaanya terganggu atau digantikan.


Mengenal Postur Tubuh Pada Anak


Berbagai macam anak tumbuh dan berkembang dengan postur beragam. Ciri-ciri pertumbuhan fisik yang ini dapat dilihat ketika berusia sekitar 7 tahun. Terdapat postur gemuk, kurus, tinggi, dan pendek. Tak jarang juga terdapat orang tua yang begitu mengatur pola makan sang anak agar mendapat tubuh yang ideal, akan tetapi tidak semua keinginan tersebut terwujud. Karena banyak faktor yang memepengaruhi seperti keturunan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar