Minggu, 20 September 2020

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Dengan Memberikan Cara-cara Yang Tepat

cara menjaga kesehatan tubuh anak

Sebagai orang tua tentunya Bunda selalu ingin memberikan yang terbaik untuk putra dan putrinya. Berbagai macam asupan makanan yang bergizi dan seimbang juga selalu dijaga, dengan begitu cara menjaga kesehatan tubuh anak akan selalu menjadi prioritas utama orang tua. 

Selain memberikan makanan yang bergizi tentunya juga harus diseimbangkan dengan asupan lainnya. Contohnya seperti memberikan susu dengan asupan gizi yang seimbang. Dan cara menjaga kesehatan tubuh anak tentunya juga harus selalu masuk dalam daftar utama.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh anak di masa pandemi seperti saat ini. Jangan sampai imunitas anak down karena kurangnya vitamin dan asupan penting lainnya.

cara menjaga kesehatan tubuh anak

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak di Tengah Pandemi

Bunda, agar tubuh pada anak tetap sehat dan kebal terhadap infeksi penyakit, sistem imun harus terus dijaga dan ditingkatkan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua atau kerabat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, dilansir dari berbagai sumber

1. Jangan membiarkan anak murung

Bunda, jangan membiarkan anak-anak larut dalam keresahan karena diharuskan untuk menerapkan pola hidup yang baru dengan banyak di rumah saat terjadi pandemi seperti saat ini. Ajak bicara buah hati dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti. Lalu ajari buah hati untuk senantiasa menerapkan pola hidup yang sehat namun juga menyenangkan. 

Jangan biarkan buah hati menyendiri, karena berkurangnya aktivitas bersosialisasi juga akan mengubah sistem imunitas tubuh pada tingkat seluler. Yang artinya kesehatan fisik dan mental pada anak rentan akan mengalami penurunan bahkan terganggu. Oleh sebab itu, peran Bunda sangat penting untuk membantu dan menjaga pikiran buah hati tetap rileks.

2. Ajak anak tetap aktif dengan berolahraga

Diam di rumah saja tentu membuat  anak-anak cepat merasa bosan. Meski demikian, Bunda tetap harus melakukan banyak kegiatan dan menjaga tubuh agar tetap bergerak bersama anak-anak. Oleh karena ada baiknya bila Bunda mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga selama 1 jam setiap hari pada pagi hari.

3. Memberikan asupan makanan yang kaya vitamin dan mineral

Kekuatan imunitas secara menyeluruh tergantung pada asupan gizi vitamin dan mineral yang optimal. Seperti beberapa asupan vitamin dan mineral yang utama masuk dalam tubuh:

Vitamin A

Vitamin B kompleks

Vitamin C

Vitamin E

Zat besi

Mangan

Tembaga

Selenium

Seng menjadi mineral terpenting selain selenium

4. Pastikan tidur anak tercukupi

Kurang tidur atau istirahat nyatanya juga dapat menurunkan imunitas dan meningkatkan resiko seseorang, termasuk juga dengan anak-anak untuk terkena penyakit.

Influenza atau infeksi lainnya rentan cepat menulari anak-anak yang kurang tidur. Oleh karena itu ada baiknya bila Bunda mengajak anak-anak untuk mengambil waktu istirahat sesuai dengan porsinya bila ingin tetap sehat. Pastikan untuk cukup tidur, tidak lebih ataupun juga kurang.

5. Menjaga kebersihan pada makanan

Bunda, sudah menjadi kewajiban untuk orang tua menjaga kebersihan makanan pada anak. Dimulai dari proses pembersihan makanan, pembuatan makanan, juga termasuk perlengkapan makan dan air minum untuk menunjang daya tahan tubuh dan kesehatan pada buah hati.

6. Menjaga asupan nutrisi anak

Daya tahan tubuh pada anak juga dapat ditingkatkan dengan sangat efektif melalui kombinasi nutrisi, yaitu nutrisi makro, serat dan nutrisi mikro.

Nutrisi makro didapat dari karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro didapat dari vitamin dan mineral.

Berikan buah asupan penting lainnya seperti omega 3 dan omega 6 yang dapat Bunda temukan dalam minyak ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dan ditambah dengan memperbanyak konsumsi protein yang dapat ditemukan pada daging sedikit lemak, telur, dan ikan.

7. Ajak anak berjemur dengan tepat

Ajak anak untuk berjemur kurang lebih 5-15 menit setiap harinya pada pukul 09.00 pagi. berjemurlah hanya pada sekitar pukul 09.00 pagi. Bunda dapat melakukannya sekaligus berolahraga.

Demikianlah cara menjaga kesehatan tubuh anak di masa pandemi seperti saat ini yang dapat Bunda lakukan, jangan lupa untuk memberikan susu Dancow sebagai asupan tambahan pada tubuh anak yah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar