Minggu, 18 September 2016

Solusi Mengatasi Anak Susah Makan


Saat usia anak memasuki usia satu tahun lebih biasanya ia akan mulai sulit dalam mengkonsumsi makanan, hal ini bisa dikarenakan ia lebih suka memilih makanan tertentu yang hanya disukainya saja. Jika hal ini terus dibiarkan tentunya akan mengganggu akan pemberian nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya. Untuk hal tersebut diperlukan solusi praktis dalam mengatasi anak susah makan sehingga bagi orang tua tidak menjadi khawatir.
Dari berbagai solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi anak susah makan sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu susah-susah. Yang penting untuk diperhatikan disini yaitu bagaimana anda sebagai orang tua dapat mengetahui apa saja yang menjadi penyebab anak anda tersebut susah makan. Dan untuk solusinya berikut ini diantara cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi anak yang susah makan.
  1. Jadikan saat makan menjadi saat bermain yang menyenangkan. Saat bermain adalah saat yang paling penting bagi anak, ini karenda dari bermain ia akan melakukan semuanya dengan senang hati. Selain itu saat ini merupakan saat yang baik untuk mengamati dan juga menganalisis bagaimana sikap dan keseharian anak. Saat ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk membuatnya lebih banyak makan.
  2. Memberikan cemilan yang sehat. Solusi selanjutnya supaya anak menjadi mudah saat makan dapat dilakukan dengan memberikannya cemilan yang sehat dan juga menarik. Berbagai cemilan sehat sekarang ini bisa dibuat dengan mudah dan praktis anda hanya perlu membuat kreasi-kreasi baru dalam menyiapkannya untuk anak anda.
  3. Dengan memberikan hadiah. Anak kecil biasanya akan sangat senang saat diberikan hadiah, untuk itu memberikannya hadiah saat ia berhasil menghabiskan makanannya juga dapat dilakukan. Iapun akan semakin semangat dan lahap saat makan karena bisa mendapatkan hadiah yang diinginkannya. Akan tetapi perhatikan juga dalam pemberian hadiahnya berikan hanya hadiah yang memang baik untuk perkembangannya.
  4. Mengajarkan perilaku makan yang baik dan teratur. Untuk hal ini anda sebagai orang tua wajib memberikan bagaimana contoh yang baik saat makan. Jadilah anda teman anak yang menyenangkan saat ia makan sehingga hubungan antara orang tua dan anak semakin erat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar