Kamis, 20 Juli 2017

Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

mendidik anak


Para orang tua ketika mendidik anak memiliki tujuan yang sama yaitu menginginkan anaknya memiliki kepribadian yang baik yang bisa dibanggakan oleh siapa pun. Kepribadian seorang anak selain dipengaruhi oleh lingkungan, juga dipengaruhi oleh peranan orang tua dalam mendidik anak. Cara mendidik anak yang baik adalah sebuah cara membentuk kepribadian yang baik pula dalam diri anak – anak kita. Cara mendidik anak yang baik ditandai dengan isi pendidikannya yang baik dan cara – cara mendidik yang baik pula.

Akan berbeda hasilnya, jika sesuatu yang ditanamkan kepada anak berisi konten yang baik namun dalam penyampaiannya dilakukan dengan cara – cara yang kurang baik, maka hasilnya pun tidak akan begitu sesuai dengan yang kita harapkan. Isi dan cara mendidik anak memang dua hal yang sangat penting diperhatikan oleh para orang tua. Bagaimana peran orang tua ketika mendidik anak merupakan kunci sukses tidaknya orang tua dalam membentuk kepribadian anak yang menawan dan disukai oleh banyak orang.

Adapun peran kedua orang tua dalam mendidik anak guna mewujudkan kepribadian anak yang baik antara lain sebagai berikut :

1. Kedua orang tua harus mencintai dan menyayangi anak-anaknya. Ketika anak-anak mendapatkan cinta dan kasih sayang cukup dari kedua orang tuanya, maka pada saat mereka berada di luar rumah dan menghadapi masalah-masalah baru mereka akan bisa menghadapi dan menyelesaikannya dengan baik.
2. Kedua orang tua harus menjaga ketenangan lingkungan rumah dan menyiapkan ketenangan jiwa anak-anak. Karena hal ini akan menyebabkan pertumbuhan potensi dan kreativitas akal anak-anak yang pada akhirnya keinginan dan Kemauan mereka menjadi kuat dan hendaknya mereka diberi hak pilih.
3. Saling menghormati antara kedua orang tua dan anak-anak. Saling menghormati artinya dengan mengurangi kritik dan pembicaraan negatif berkaitan dengan kepribadian dan perilaku mereka serta menciptakan iklim kasih sayang dan keakraban
4. Mewujudkan kepercayaan. Menghargai dan memberikan kepercayaan terhadap anak-anak berarti memberikan penghargaan dan kelayakan terhadap mereka
5. Mengadakan perkumpulan dan rapat keluarga (kedua orang tua dan anak).
Demikian beberapa peran yang bisa diambil oleh orang tua ketika mendidik anak dalam rangka mewujudkan kepribadian anak yang menawan serta disukai oleh banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar