Jumat, 25 Agustus 2017

Tips Penting Bagi Mahasiswa Baru

Tips Penting Bagi Mahasiswa Baru
Menyandang status baru dari siswa menjadi mahasiswa merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi kita. apalagi jika kita berhasil masuk ke universitas terbaik pastinya akan bangga sekali. Namun sebelum kamu bergelut di bangku perkuliahan, sangat diperlukan untuk mempersiapkan diri dengan matang, baik itu mental dan persiapan lainnya. 

Karena untuk memperoleh kesuksesan tidak hanya mengandalkan kecerdasan saja, kita juga membutuhkan keterampilan dalam segala hal. Untuk itu berikut ada beberapa tips penting bagi kamu yang baru masuk kuliah, diantaranya:

Jadwal
Ketika menjadi seorang mahasiswa, pola pikir kamu juga harus sedikit lebih dewasa. Karena jangan selamanya harus mengandalkan orangtua. Anda harus bisa mandiri, salah satunya dengan mengatur waktu untuk belajar, menulis laporan dan lain sebagainya. Jika perlu buat lembaran jadwal di dinding atau buku agenda anda sehingga bisa di bawa kemanapun kamu pergi.

Pahami sistem
Perlau kamu ketahui bahwa cara belajar selama kuliah berbeda dengan di sekolah. Di dunia perkuliahan, mahasiswa dituntut untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Hal inidilakukan dengan memahami sistem SKS, penilaian IPK dan sistem jam perkuliahan. Dengan memahami hal tersebut kamu sebagai mahasiswa baru tidak kelabakan dengan perubahan sistem belajar tersebut.

Jangan malas
Hal ini merupakan penyakit yang mesti dibuang ketika kamu sudah kuliah. Apalagi keika anda masuk dunia perkuliahan, berbagai tugas dan kegiatan-kegiatan organisasi menunggu anda. sebelum penyakit ini benar-benar datang, cobalah untuk menyisihkan waktu untuk menenagkan pikiran anda. sehingga mental dan pikian anda kembali fresh dan siap untuk menghadapai berbagai tugas dan kegiatan.

Belajar
Pada dasarnya mahasiswa memang dituntut untuk belajar lebih rajin. Cobalah untuk melakukan sistem belajar mandiri. Caranya dengan memperbanyak membaca buku dan jurnal penelitian. Sehingga kamu bisa mengikuti jalannya perkuliahan. Selain itu and juga bisa melakukan berbagai tes untuk mengetahui seberapa banyak kamu memahami pembelajaran.

Itulah beberapa tips penting bagi anda yang baru masuk perkuliahan. Pilihlah universitas terbaik agar anda menjadi orang atau sumber daya yang siap untuk berkompetisi di dunia yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar