Senin, 23 September 2024

7 Strategi Content Marketing yang Menjadi Andalan


Pemasaran konten atau content marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran digital yang memberikan pengaruh besar pada perkembangan bisnis. Bukan hanya sekedar membuat dan memposting konten, pemasaran konten juga membutuhkan perhitungan yang baik untuk mencapai hasil maksimal. Artikel ini akan membahas mengenai strategi pemasaran konten yang menjadi andalan banyak content marketer

7 Strategi Content Marketing yang Menjadi Andalan

Berikut ini adalah strategi pemasaran konten yang menjadi Andalan:

1. Menentukan Tujuan Konten

Semua hal pasti dimulai dengan menetapkan tujuan terlebih dahulu, termasuk dalam merancang dan menjalankan strategi pemasaran konten. Setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda-beda seperti meningkatkan penjualan, brand awareness, memperluas jangkauan target audiens, dan lain sebagainya. Anda harus mengetahui tujuan dengan jelas untuk bisa mendapatkan strategi yang tepat.

2. Menentukan Target Audiens

Selain menentukan tujuan konten, Anda juga harus menentukan target audiens. Pasalnya, konten yang akan dibuat harus sesuai dengan audiens yang ditargetkan. Jika tidak sesuai, maka pesan yang ingin disampaikan pada konten yang didistribusikan tidak akan sampai kepada audiens. Misalnya, Anda akan menjual baju anak-anak, maka target audiensnya tentu saja adalah ibu-ibu yang sudah punya anak.

3. Menentukan KPI (Key Performance Indicator)

KPI atau Key Performance Indicator adalah poin data terukur yang bisa membantu Anda mengetahui kinerja sebenarnya terhadap target audiens. Penetapan KPI ini bisa membantu membuat tujuan yang tepat dan lengkap. Contohnya KPI bergantung dari kebutuhan perusahaan seperti brand awareness, strategic partners, revenue, brand loyalty, dan lain sebagainya.

4. Keragaman Konten

Beberapa orang lebih suka dengan konten yang sifatnya video sehingga lebih sering memakai konten tersebut dalam pemasaran. Namun, pemasaran konten sebaiknya menggunakan konten yang beragam. Jangan hanya satu jenis konten saja. Pasalnya, setiap audiens memiliki preferensi berbeda sehingga konten harus mendukung preferensi mereka semua. Adapun contohnya yaitu Anda bisa membuat konten blog untuk audiens yang suka membaca, video untuk audiens yang suka konten visual, dan lain sebagainya.

5. Manfaatkan Tools-Tools yang Tersedia

Salah satu kunci kesuksesan strategi content marketing atau pemasaran konten adalah memanfaatkan tools-tools yang ada secara maksimal. Contohnya yaitu tools optimasi untuk pembuatan konten. Tools ini akan membantu membuat konten maksimal seperti Evernote, Ommwriter, Hootsuite, Trello, dan lain sebagainya. Lalu ada juga tools Editorial Calendar yang memudahkan Anda dalam mengatur jadwal produksi konten. 

6. Memilih Content Channels yang Spesifik

Content channels adalah platform yang akan Anda pilih untuk mendistribusikan konten yang sudah dibuat. Ada banyak channel yang tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan konten Anda. Contoh channels yang bisa Anda pilih yaitu TikTok, Instagram, blog atau website, Facebook, dan lain sebagainya. Semakin banyak channels yang Anda pilih, maka membutuhkan biaya yang semakin besar. Jadi, cari channels yang spesifik dan cocok dengan konten yang Anda buat.

7. Konsisten

Strategi paling penting dalam menjalankan pemasaran konten adalah konsisten. Konsistensi ini penting untuk membuat audiens merasa bahwa brand Anda selalu hadir dan aktif. Jadi, rencanakan distribusi konten yang konsisten. Tidak harus sering-sering, tapi harus konsisten dan tepat sasaran. 

Itulah informasi dan pembahasan mengenai 7 strategi content marketing atau pemasaran konten yang menjadi andalan. Agar hasilnya maksimal, Anda harus bekerja sama dengan agensi pemasaran yang kompeten seperti IDEOWORKS (PT. CIPTA URBAN DARSANA). Sebagai agensi yang kompeten, Anda bisa mendapatkan layanan pemasaran konten yang maksimal. Yuk, hubungi tim IDEOWORKS sekarang juga!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar